10 TIPS IMPLEMENTASI ISO 9001

10 TIPS IMPLEMENTASI ISO 9001

Category : uncategorized

Bahkan jika Anda memiliki sistem manajemen mutu informal dalam bisnis seringkali sulit untuk menerapkan persyaratan ISO 9001: 2015. Tergantung pada ukuran bisnis Anda, hal ini bisa menjadi tugas yang mungkin mengambil waktu 6 – 12 bulan untuk menyelesaikannya, tergantung pada sistem yang ada pada perusahaan saat ini. Sangat penting bahwa staf Anda sepenuhnya terlatih dan terlibat untuk menyukseskan pelaksanaan. Berikut 10 tips penting untuk lancar dan efektif menerapkan sistem manajemen ISO 9001: 10 Tips Implementasi ISO 9001

1. Dapatkan komitmen manajemen senior; ini mungkin terdengar sedikit klise, tanpa komitmen penuh dari tim manajemen Anda di seluruh bisnis, itu akan menjadi sangat sulit untuk melakukan perubahan dan perbaikan yang diperlukan. 10 Tips Implementasi ISO 9001
2. Memberikan pelatihan di semua tingkatan dalam bisnis. Staf Anda perlu memahami bukan hanya tentang persyaratan ISO 9001 tetapi juga prinsip-prinsip kualitas yang berbeda dari versi sebelumnya, bahwa mereka harus berusaha untuk menerapkan dalam setiap pekerjaan hari mereka. Pelatihan harus diberikan secara terus-menerus sesuai dengan kebutuhan yang dirasakan. 10 Tips Implementasi ISO 9001
3. Pastikan bahwa Anda memiliki komunikasi internal yang efektif. Tanpa ini Anda tidak akan dapat mempertahankan keteguhan tujuan yang diperlukan.
4. Membentuk tim pelaksana dengan kewenangan untuk membuat sesuatu terjadi. Anda tidak bisa hanya menerapkan sistem manajemen ISO 9001 dengan menetapkan anggota dan mengharapkan mereka untuk melakukan segala sesuatu secara tertutup. Anda perlu mengidentifikasi staf yang akan dibutuhkan di semua tingkatan di seluruh bisnis untuk kerajinan sistem Anda.
5. Melakukan Analisis Gap; Anda perlu memahami di mana sistem Anda saat ini, apakah sudah memenuhi atau gagal memenuhi harapan ISO 9001: 2015, sehingga Anda dapat mengalokasikan sumber daya yang sesuai.
6. Melibatkan pelanggan dan pemasok dalam menganalisis sistem Anda saat ini. Hal ini penting untuk memahami bagaimana orang lain melihat efektivitas apa yang sedang Anda lakukan dan apa yang mereka harapkan dari Anda untuk memperbaiki keadaan.
7. Rencanakan implementasi secara penuh tanggung jawab, peran dan jadwal. Seperti halnya proyek, semakin baik rencana Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk sukses.
8. Buat kebijakan dan tujuan secara jelas dan ringkas untuk menyediakan perusahaan dengan arah yang sama.
9. Mendorong semua orang untuk mempertanyakan dan meningkatkan implementasi sistem. Tidak cukup untuk hanya memiliki auditor mencari masalah dengan sistem; setiap orang harus terus mencari cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu.
10. Melakukan ulasan reguler sistem manajemen ISO 9001 melalui proses audit untuk memastikan bahwa Anda terus-menerus meningkatkan bagaimana fungsi sistem Anda.

Demikian informasi yang bisa kami share, semoga bermanfaat untuk bisnis anda. Jika anda membutuhkan konsultan ISO segera hubungi kami dan dapatkan harga promo special.

Kontak Kami :
PT. Sertifikasi Indonesia
Alamat Jl. Swadaya raya No 53 Blok E8, Bintaro Sektor 9
Pondok Pucung, Pondok Aren – https://goo.gl/maps/TTUzqR4YuQ4kcRbD8
(021) 27623853 / 0812 93579959
cs@serkindo.com – www.serkindo.com


081293579959
WhatsApp WhatsApp us